PROBIOTIK +HERBAL

DIBUTUHKAN AGEN UNTUK MENYALURKAN PRODUK KAMI DI SELURUH INDONESIA , AKAN MENDAPTKAN FEE KEAGENAN YANG MENARIK SELAIN AKAN MENDAPATKAN KEUNTUNGAN HARGA ECERAN MARI BERGABUNG DENGAN KAMI APABILA BERMINAT
HUB. HP : 085647310823

Sabtu, 01 November 2008


PEMBENTUKAN WADAH KONSULTAN KEUANGAN MITRA BANK
KOTA SURAKARTA
Oleh : Ulung Koeshendratmoko
(Disampaikan pada Rapat Koordinasi Satgasda KKMB Kota Solo dengan KKMB Kota Solo )

PANDANGAN UMUM
KKMB dibentuk dalam rangka untuk memberdayakan sector usaha UMKM dimana banyak usaha UMKM yang tidak bankable sehingga tidak mempunyai akses ke lembaga keuangan khususnya Perbankkan , padahal sebagian besar sector usaha ini mempunyai potensi untuk bisa berkembang lebih besar lagi , rata-rata mereka terbatas modalnya. Hampir semua daerah tingkat I maupun tingkat II membentuk Satgas KKMB dimana salah satu tugasnya adalah merekrut anggota-anggota calon KKMB dan sekaligus melatih mereka agar menjadi Konsultan yang professional.
Seiring berjalannya waktu tugas yang dilakukan oleh anggota KKMB di lapangan adalah sangat kompleks dan banyak kendala-kendala yang mau tidak mau seorang KKMB harus bisa memberikan solusi , karena keterbatasan waktu,tenaga dan kemampuan maka bannyak masalah yang ditinggal begitu saja oleh seorang KKMB yang tentunya membawa dampak citra yang kurang baik terhadap KKMB.
Masalah-masalah yang muncul di lapangan tentunya perlu penyelesaian dengan baik , hal ini akan bisa dilakukan apabila anggota-anggota KKMB sering berkumpul dan berkomunikasi dan bertukar informasi / pikiran . Satgas KKMB Kota Surakarta dalam 1 tahun mengadakan pertemuan /evaluasi mungkin hanya 2 x dalam 1 tahun , hal ini tentunya sangat kurang untuk sebuah komunikasi. Dari fakta lapangan seperti tersebut maka pembentukan wadah / organisasi KKMB dirasa sangat mendesak untuk dilakukan.
Masalah - masalah yang muncul :
1. Terjadinya kredit macet .
2. Kemampuan dalam melakukan pendampingan yang masih kurang.
3. Tidak adanya Code of Conduct, sehingga anggota KKMB dalam menentukan sukses fee sesuka hati mereka .
4. Kemampuan Analisa Kredit yang lemah.
Wadah yang dimaksud tentunya membentuk sebuah organisasi dengan tujuan untuk lebih memberdayakan anggota KKMB kota surakarta. Istilah Organisasi memiliki dua arti umum , yang pertama mengacu pada suatu lembaga (institution) atau kelompok fungsional . Yang kedua mengacu pada proses pengorganisasian , yaitu pengaturan pekerjaan dan pengalokasian pekerjaan diantara anggota organisasi sehingga tujuan organisasi dapat dicapai secara efisien.
NAMA , TEMPAT KEDUDUKAN DAN DISAIN ORGANISASI
Organisasi ini bernama Badan Pekerja Konsultan Keuangan Mitra Bank Kota Surakarta disingkat BP.KKMB. Pusat organisasi BP.KKMB berkedudukan di Surakarta dan bertanggung jawab kepada Satgas KKMB Kota Surakarta . Sekretariat Organisasi berkedudukan di Kantor Bapeda Balaikota Kota Surakarta.
Badan Pekerja Konsultan Keuangan Mitra Bank (BP.KKMB ) Kota Surakarta adalah sebagai pelaksana harian kegiatan serta membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan Satgasda KKMB Kota Surakarta dengan disain organisasi sebagai berikut :

Ketua
Wakil Ketua I & II
Sekretaris I & II
Bendahara
Hubungan Masyarakat (Humas)
Bidang Hukum dan Pengawasan
Bidang Pelatihan dan Sertifikasi
Bidang Pemberdayaan SDM dan Organisasi
Koordinator Wilayah Kecamatan
Prinsip Umum Badan Pekerja Konsultan Keuangan Mitra Bank (BP.KKMB), adalah:
1. Dibentuk atas dasar inisiatif anggota KKMB Kota Surakarta dalam mengembangkan dan memberdayakan anggota KKMB Kota Surakarta yang difasilitasi oleh BAPEDA Kota Surakarta dan KBI Solo.
2. Beranggotakan anggota KKMB Kota Surakarta yang pernah mengikuti pelatihan KKMB baik tingkat kota maupun propinsi dengan bukti adanya sertifikat hasil pelatihan.
3. Dibiayai oleh BMPD ,APBD (kalau memungkinkan) dan sumber terkait yang sah dan tidak mengikat..

BAGAN ORGANISASI

Aaa

PENUTUP
Tujuan yang baik hanya akan menjadi fatamorgana tanpa dukungan dan tindakan yang nyata dari semua pihak , konsep sederhana ini tentunya masih sangat terbuka untuk dikritisi tapi kritik yang membangun

Tidak ada komentar: